Satu Ayat, Empat Petunjuk

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.” (QS. Al-Qashash [28]: 77)

Utsman Bin Affan Radhiyallahu ‘Anhu berkata, “Seandainya hati kalian bersih, pastilah hati kalian tidak akan kenyang dengan firman Allah (Alquran).” Di dalam Alquran, Allah telah menyempurnakan segala petunjuk kepada manusia. Petunjuk ini lengkap, sesuai dengan kebutuhan manusia.
Seperti petunjuk di dalam QS. Al-Qashash [28]: 77 ini; menyangkut bagaimana menyikapi dunia-akhirat dan habluminannas.
Jika kita tadabburi ayat tersebut, Allah memberikan kita firman-Nya mengenai 4 hal:
1. Hendaknya sumber daya yang dianugrahi Allah kepada kita digunakan untuk akhirat, yaitu: anugrah waktu, harta, dan tenaga. “Manfaatkan yang lima sebelum datang (lawannya) yang lima; mudamu sebelum tuamu, sehatmu sebelum sakitmu, kayamu sebelum miskinmu, waktu senggangmu sebelum kesibukanmu dan hidupmu sebelum matimu.” (HR. Baihaqi dari Ibnu Abbas)

2. Nikmati apa yang dihalalkan Allah di dunia. Jangan lupakan bahwa kita juga punya bagian di dunia. Banyak perkara halal yang masih bisa kita nikmati bersama orang-orang terkasih. Maka, kata Allah nikmati apa yang diberikan Allah di dunia untuk kita.

3. Berbuat baik. Dalam habluminannas, berbuat baik termasuk bergaul dengan akhlak karim, membantu saudara-saudari kita yang membutuhkan, serta tolong-menolong dalam kebajikan.

4. Jangan berbuat kerusakan. Allah tidak menyukai orang yang melampaui batas lalu berbuat kerusakan. Kita harus mampu mengontrol hawa nafsu, ego, dan emosi kita agar kita tidak mengarah pada kerusakan. Karena Allah tidak akan suka, tidak ridho, serta tidak akan menghormati mereka yang suka berbuat kerusakan.

MasyaAllah… Luar biasa sekali Allah memberikan ilmu-Nya dengan ayat ini. Semoga kita diberikan taufik dan hidayah untuk mengamalkan firman Allah. Aamiin yaa mujibassailin.

Wallahu a’lam bishawab.

Barakallah… InsightQuran
Jumat, 13 April 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *